Belajar Fotografi untuk Pemula
October 22, 2014
Membangun Toko Online
Membangun Toko Online Itu Tidak Semudah Yang Dikira
February 27, 2017

Merenung Sejenak Sebelum Ngeblog Lagi Sambil Ngopi

Merenung

Kembali menyapa dunia blogosphere setelah sekian lama vakum. Maklum sedang berusaha untuk bangkit kembali dari usaha yang down se down-downnya (bahasa mana nih wkwkwkwk).

Gambar orang di atas, menggambarkan dan membayangkan saya duduk tiap sore memandang Suramadu sambil ngopi ketika masih di Surabaya.

Dulu ingat ketika duduk di sana, kondisi usaha saya yang sedang turun. Kadang timbul inspirasi, namun biasanya setelah sampai rumah lebih banyak lupanya dibanding ingat kemudian take action.

Intinya banyak kekeliruan yang saya jalankan ketika berkecimpung di Internet, dan banyak hal yang seharusnya dilakukan malah tidak, lebih banyak lagi keliru mengambil keputusan.

Berbisnis di internet, harus disamakan dengan mengelola sebuah usaha di dunia offline. Ada produk, pemasaran, keuangan, ada pengelolaan sumber daya manusia.

  • Produk harus yang banyak dicari orang dan kualitasnya baik supaya orang yang membeli tidak komplen.
  • Pemasaran harus — jadi ingat pesan seseorang penggiat internet marketing, padahal ini memang penting — banyak visitor ke web atau blog yang segmented dan tagetted.
  • Keuangan harus tertib.
  • Pengelolaan sumber daya manusia, harus selektif dalam memilih.

Semua, saya melakukannnya tidak sebaik apa yang seharusnya.

Kini saatnya harus berbenah.

Saat ini aku bersama Lelly sedang berusaha membangkitkan dulu Batik Ganitri, supaya dapur bisa ngebul, anak-anak sekolah dengan riang.

Menciptakan pemicu dan melanglang untuk belajar kemudian mempraktekannya.

Mari, kita mulai. Kopipun sudah diseduh. Masih bisa ngopi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *