Merenung
Merenung Sejenak Sebelum Ngeblog Lagi Sambil Ngopi
February 27, 2017
Master fotografi
Melihat Hasil Foto Para Master Sebagai Bahan Belajar Fotografi
February 27, 2017

Membangun Toko Online Itu Tidak Semudah Yang Dikira

Membangun Toko Online

Membangun Toko Online itu perlu tenaga, biaya, waktu yang tidak sedikit. Tidak semudah yang dikira dan memerlukan ilmu yang harus terus digali karena dunia maya sangat dinamis.

Dua tahun yang lalu, ketika saya mencoba untuk mencari peruntungan di dunia batik dengan menghadirkan BatikGanitri.Com, mencari visitor itu sangat mudah sekali. Padahal hanya dengan tampilan seadanya, konten yang hampir sama karena supplier dari Solo (ketika itu kami masih di Surabaya) salah satunya sama dan sekarang kerjasamanya masih berlanjut. Demikian pula dengan sentuhan optimasi mesin pencari tidak banyak yang aku lakukan. Namun paling tidak dua bulan setelah membangun web tersebut, paling tidak 300an visitor datang silih berganti dengan meraih satu – dua pelanggan baru.

Kini kondisinya berbeda. Banyak sekali yang harus dilakukan dan mencoba melirik berbagai media terutama instagram dan facebook, supaya berita adanya toko online Batik Ganitri menjadi menyebar dan didengar oleh banyak orang.

Membangun Toko Online

Membuat Web.

Saya mulai dengan memperbaiki web yang terlantar selama 8 bulan lebih. Template diganti dengan yang lebih mumpuni dan mudah dimodifikasi tanpa pengetahuan coding. Beberapa fitur seperti pengiriman dan perhitungan ongkir saya coba dengan cara auto. SSL saya pasang yang memberikan tanda secure pada browser mengiringi munculnya https.

Percayalah, masa lalu sangat singkat dalam dunia internet. Delapan tahun yang lalu, dengan template seadanya, blog adsense saya bersama kang Casrudi waktu itu, sangat memukau perhatian orang.

Tapi kini, terlalu seadanya juga bukan sesuatu yang tepat untuk dilirik. Orang sudah memperhatikan feature. Seperti responsive atau tidaknya sebuah tampilan supaya mudah diakses oleh segala macam gadget dengan bentuk dan ukuran layar yang berbeda, warna yang menarik, gambar yang tajam dan detail yang terlihat jelas serta aneka hidangan di web yang lebih memmentingkan mutu yang baik.

Jangankan orang, menurut seorang kawan, google pun doyan sesuatu yang rapi dan menarik perhatian. Padahal yang melihatnya mungkin hanya sebuah robot. Tapi kita harus beranggapan kalau robot yang dimiliki mesin pencari adalah robot yang sangat canggih.

Inipun ternyata banyak yang harus dilakukan. Paling tidak jika saat ini saya disuruh membuatnya dalam waktu yang singkat, paling tidak harus menyelesaikan 3 – 7 hari. Harus serius, karena ini untuk mendulang penghidupan di dunia maya.

P r o d u k

Ini yang paling penting. Harusnya saya cantumkan sebelum membuat web.

Tak punya produk, ya apa yang akan kita jual.

Namun tentu saja bukan produk sebatas produk. Paling tidak berkualitas yang sesuai dengan harganya.

Berbeda dengan dunia offline, dimana kita bertatap muka. Di dunia online mereka memberikan kepercayaan kepada pemilik toko untuk memilihkannya barang yang terbaik sehingga mereka mau membayar untuk kita.Barang kita tidak bermutu apalagi banyak cacat akan memberikan peluang untuk memberitakan kualitas toko secara keseluruhan. Media sosial akan menyebarkannya dengan mudah.

Pemasaran

Jika web sudah kelar dan tayang di internet, walaupun sudah bisa diakses oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak akan serta merta dikunjungi oleh banyak orang. Sebabnya simple, karena mereka belum tahu. Google dengan segala macam pernik pencarian melalui robotnya yang canggihpun masih ogah-ogahan untuk ikut memasarkan jika web kita tidak dioptimasi. Tidak memberikan sebuah kemudahan bagi menjalankan featurenya kepada kita supaya orang berduyun-duyun menelusuri bandwith yang kita sediakan untuk web.

Semuanya membutuhkan tenaga ekstra dari mulai riset kata kunci, menempatkanya dalam sebuah konten, lantas menyebarkan untuk memberi tahu kepada masyarakat luas kalau di internet telah hadir yang bernama Batik Ganitri.

Dan, lagi-lagi …. belum tentu orang memiliki kemauan untuk mengunjunginya. Perlu kerja keras lagi, meneliti lebih jauh supaya orang berkehendak mengunjungi.

Lainnya masih banyak lagi yang harus diperhatikan. Nanti saya cerita lagi seiring melihat sejauh mana perkembangan toko online yang sedang saya bangun. Sabar, yah!

Intinya semua butuh renungan dan pemikiran yang menyeluruh seperti bisnis offline.

Intinya kalau beranggapan, membangun┬átoko online itu mudah …. berarti anda sudah master he he.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *